toko kain online

tenun troso,tenun baron,kain troso,tenun rangrang,toko kain online,beli kain online,jual kain online,tenun Jepara,kain troso,kain jepara,kain tenun jepara,kain troso jepara,tenun ikat jepara

artikel tentang tenun troso

Tenun Troso adalah salah satu kain Nusantara yang sangat membutuhkan ketekunan dan kesabaran dalam pembuatannya karena prosesnya memerlukan waktu cukup lama.

Tenun atau kain ikat adalah kriya tenun Indonesia berupa kain yang ditenun dari helaian benang pakan atau benang lungsin yang sebelumnya diikat dan dicelupkan ke dalam zat pewarna alami.
Benang pakan adalah benang yang dimasukkan melintang pada benang lungsin ketika menenun kain. Benang pakan digerakkan oleh tangan atau oleh mesin, dan diselipkan di sela-sela benang-benang lungsin. Sedangkan Benang lungsin atau benang lusi adalah benang tenun yang disusun sejajar (biasanya memanjang) dan tidak bergerak (terikat di kedua ujungnya), yang padanya benang pakan diselipkan.

Sebelum ditenun, helai-helai benang dibungkus (diikat) dengan tali plastik sesuai dengan corak atau pola hias yang diingini.
Alat tenun yang dipergunakan juga Alat Tenun Bukan Mesin (ATMB), sehingga memerlukan pengrajin – pengrajin yang berdedikasi tinggi serta kesabaran yang sangat luar biasa.

Keistimewaan ini membuat tenun troso cenderung dianggap sebagai benda seni untuk dikoleksi.

Menenun sudah menjadi bagian dari kegiatan yang dilakukan oleh para wanita dari generasi ke generasi dan kain-kain tradisional digunakan dalam kesehariannya.

Kain-kain tenun —ketika dijalin dalam inovasi keindahan visual desain—dapat diperkenalkan kepada masyarakat urban.

Keindahan kain-kain tradisional Indonesia, melalui kekayaan motif-motifnya, adalah bahasa keindahan masa kini yang tak tergantikan.

Tradisional untuk internasional itulah ”belief” bagi para desainer dalam berkarya. Tekstil tradisional pernah menjadi bagian penting dalam gaya berbusana bangsa kita dari beragam suku dan budaya.

Kain Tenun troso merupakan salah satu varian dari kain tenun ikat tradisional Indonesia yang menjadi rujukan bagi para desainer dalam mencipta kreasi busana maupun tren fashion saat ini.
Hal ini disebabkan, pemasok terbesar kain tenun ikat di Bali dan lombok sebagai barometernya berasal dari jepara.

Kualitas dari tenun Troso memang tidak perlu diragukan, karena sebagian besar produksi tenun Troso dibuat dengan menggunakan Alat Tenun Bukan Mesin. Selain itu, proses pengerjaannya dilakukan dengan ketrampilan yang diwariskan turun-temurun oleh masyarakat desa Troso Kabupaten Jepara, hingga keluwesan corak tetap terjaga.

kain pelangi 2

kain pelangi 2

Kain tenun troso banyak beragamnya dari tenun misris, tenun baron, tenun airbrush, tenun csm, tenun katun, tenun wayang lobeng, tenun tumpal, tenun sby, tenun motif antik dan masih banyak lagi tenun troso jepara yang dapat dijadikan pilihan yang berkualitas dalam membeli bahan kain tenun ikatuntuk bahan gaun danpakaian sehari – hari.

Kain Tenun Troso memiliki keunggulan dari sisi harga yang sangat murah dibandingkan dengan kain-kain tenun ikat dari daerah lain.
Kehalusan kain, kerapian benang pintal, kerapatan untaian tenun yang terjalin, pewarnaan yang sempurna menjadi nilai lebih atas kain tenun troso dari jepara ini.

Sesuai dengan perkembangan pasar, permintaan terhadap produk Tenun Ikat Troso pun semakin berkembang mengikuti permintaan konsumen. Motif khas yang bernuansa etnis, tradisional, klasik, dan unik pun masih dipertahankan disamping motif kontemporer modern. Produk yang dihasilkan antara lain Kain Sutra, Sajadah, Bed Cover, Blangket, sarung, Kain, Mersis (bahan Baju dan Rok), Place met, Taplak Meja dan produk-produk menarik lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: